5 Guidelines Feng Shui Ruang Belajar di Rumah untuk Kesuksesan Akademik Anak Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Orang tua pasti menginginkan anaknya mencapai kesuksesan akademik. Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan dan menata ruang belajar yang suitable dan kondusif bagi anak untuk belajar.

Jika Anda menggunakan pedoman feng shui untuk merencanakan ruang belajar, maka ruangan ini bisa menjadi region paling produktif bagi anak-anak untuk belajar.

Dikutip dari Feng Shui Beginner, Selasa (3/5/2022), berikut beberapa guidelines feng shui ruang belajar di rumah untuk mendukung kesuksesan akademik anak.

Baca juga: 10 Solusi Feng Shui untuk Mengusir Energi Negatif di Rumah

SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi meja belajar anak.

1. Pilih posisi yang tepat untuk penempatan meja belajar

Penempatan meja belajar memainkan peran penting di ruang belajar berdasarkan prinsip feng shui. Anda harus selalu memposisikan meja belajar pada posisi perintah, artinya punggung tidak boleh menghadap pintu.

Meja belajar juga harus ditempatkan secara diagonal di seberang pintu untuk mendapatkan pemandangan ruangan yang lengkap.

Anda juga harus menghindari meletakkan meja belajar langsung sejajar dengan pintu karena menciptakan energi destruktif yang mengalir ke arah meja.

Karena jendela melambangkan dukungan yang buruk, jadi pastikan bagian belakang anak tidak menghadap ke jendela.

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu dan Kompor Saling Berhadapan, Kenapa?

Meja belajar harus selalu didukung oleh dinding yang kokoh. Selain itu, sebaiknya letakkan meja jauh dari lokasi yang memiliki objek menonjol di atasnya seperti AC, lampu gantung, rak terbuka, dan balok.

Ini dapat menyebabkan kelelahan dan penyakit umum.

Ilustrasi ruang belajar, ruang kerja di rumah. SHUTTERSTOCK/UME ILLUSTRATION Ilustrasi ruang belajar, ruang kerja di rumah.

2. Bebas dari berantakan

Ruang belajar harus dijaga tetap rapi dan bersih karena kekacauan mengganggu aliran energi dan menimbulkan kebingungan. Ini juga membantu anak untuk memiliki pikiran yang lebih jernih dalam berkonsentrasi lebih baik saat belajar.

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu yang tidak berhubungan dengan belajar dan bersihkan setiap hari. Alangkah baiknya untuk mengajarkan dan mewariskan tanggung jawab kebersihan kamar kepada anak.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini 7 Aturan Menata Meja Makan untuk Energi Positif

3. Pencahayaan yang baik

Anda harus selalu memiliki sumber pencahayaan alami di ruang belajar. Saat anak belajar di siang hari, buka tirai jendela untuk memanfaatkan energi positif dari matahari.

Ini juga membawa energi baru yang segar untuk membuat siswa tetap waspada dan fokus. Di malam hari, pastikan ruangan cukup terang.

Namun, ada baiknya untuk menghindari penggunaan lampu sorot karena menyebabkan mudah lelah.

4. Tema warna

Penataan ruang belajar minimalis dengan tema warna normal yang lembut sangat cocok untuk belajar. Pilih warna terang dan alami seperti nuansa warna putih dan coklat karena membantu meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: 5 Furnitur Terpenting Menurut Feng Shui dan Cara Menatanya

Sebaliknya, warna gelap seperti hitam harus dihindari karena dapat menyebabkan gangguan emosional dan mental.

5. Letakkan tanaman hias

Semua siswa membutuhkan tempat yang tenang dan damai untuk fokus pada studi mereka, sehingga menempatkan tanaman di ruang belajar dapat meningkatkan produktivitas.

Selain itu, juga dapat menjadi pembersih udara alami, menciptakan lingkungan yang positif dan santai. Bambu hoki atau blessed bamboo dan peace lily adalah pilihan yang baik untuk dibawa ke ruang belajar.

 

Selain itu, ada pandangan bahwa melihat warna hijau yang menenangkan bermanfaat bagi penglihatan. Ini dapat membantu mengistirahatkan mata setelah melihat buku atau laptop computer dalam waktu lama.

Baca juga: Catat, 7 Lokasi Dapur yang Tidak Bagus Menurut Feng Shui

Dalam situasi saat ini, ruang belajar seringkali memiliki fungsi lain selain ruang belajar. Ini juga bisa menjadi ruangan untuk orang yang bekerja dari rumah dan prinsip yang sama berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking information setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com Information Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian be part of. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.